Thursday , December 14 2017
Home / Internet / 10 Negara dengan internet tercepat

10 Negara dengan internet tercepat

Akamai Technologies merilis laporan State of the Internet untuk edisi kuartal IV tahun 2014. Dalam periode tersebut, lembaga penyedia layanan cloud itu mencatat kenaikan kecepatan rata-rata akses internet tahunan sebesar 20 persen di seluruh dunia, yakni menjadi 4,5 Mbps.

Sementara itu, apabila dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, rata-rata kecepatan internet global hanya meningkat 0,7 persen.

Kecepatan internet yang mencapai 4,5 Mbps itu mencetak rekor tersendiri. Menurut Akamai, ini kali ketiga secara berturut-turut kecepatan rata-rata akses internet dunia di atas ambang batas 4 Mbps yang dikategorikannya sebagai akses internet broadband.

Akamai
10 Negara dengan rata-rata kecepatan internet tercepat

Tidak ada pergantian posisi di tiga besar negara dengan kecepatan internet tercepat secara global. Peringkat pertama masih dipegang oleh Korea Selatan, diikuti Hongkong dan Jepang.

Rata-rata kecepatan koneksi internet di Korea Selatan tercatat mencapai 22,2 Mbps, menurun sekitar 12 persen dari kuartal III tahun 2014. Akan tetapi, angka tersebut memperlihatkan peningkatan 1,6 persen dari tahun sebelumnya.

Sementara itu, kecepatan koneksi internet di Hongkong berhasil meningkat cukup signifikan dari kuartal sebelumnya. Mendapatkan kenaikan sekitar 3,4 persen, kecepatan rata-rata internet di Hongkong kini sudah mulai mengejar Korea Selatan dengan angka 16,8 Mbps.

Jepang juga mengalami peningkatan, meski hanya 1 persen. Akamai mencatat, kecepatan internet di Negara Sakura sudah mencapai 15,2 Mbps.

Secara umum, daftar 10 negara dengan internet terkencang dari Akamai masih didominasi oleh para “pelanggan” lama.

Di samping Korea Selatan, Hongkong, dan Jepang, negara-negara lain yang termasuk dalam daftar ini adalah Swiss, Belanda, Swedia, Latvia, Irlandia, Ceko, dan Finlandia.

Singapura harus keluar dari daftar 10 besar dunia dengan menduduki posisi 12 dunia. Kecepatan internet di negara itu mencapai 11,7 Mbps, turun 4,3 persen dibandingkan kuartal sebelumnya.

Bagaimana dengan Indonesia? Rata-rata kecepatan internet di Indonesia menurun sangat tajam. Kecepatan koneksi internet rata-rata di Indonesia adalah 1,9 Mbps selama kuartal IV tahun 2014. Data ini menunjukkan penurunan drastis sebanyak 50 persen atau dari 3,7 Mbps pada kuartal III tahun 2014.

Turunnya kecepatan internet tersebut membuat posisi internet Indonesia merosot tajam. Sempat merasakan posisi 77, kini Indonesia harus puas ada di peringkat 122 dunia.

sumber : http://tekno.kompas.com/read/2015/03/26/09571067/ini.10.negara.dengan.internet.tercepat

About keumala

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *